Saturday 22 February 2014

Menjadikan PC/Laptop sebagai HotSpot WiFi tanpa Router


 


Hampir semua pengguna internet pernah ber-internet ria via wifi kantor, cafe, bandara, dsb. Tetapi pernahkah kita berpikir untuk menjadi penyedia layanan wifi dengan biaya yang sangat minim, misalnya dengan modal PC/Laptop dan modem USB? Apakah itu bisa terwujud? Apakah kita bisa menjadikan PC/Laptop sebagai hotspot wifi tanpa router? Karena syarat utama agar bisa membuat jaringan seperti itu adalah tersedianya perangkat router.


Sungguh sangat merepotkan jika kita yang sedang terhubung ke internet menggunakan modem USB, tiba-tiba ada teman yang juga ingin mengakses internet, sementara modem yang tersedia cuma satu. Solusinya adalah berbagi-pakai (share) agar tidak ada yang harus memutuskan koneksi jika ada pengguna lain yang juga ingin terhubung ke internet. Dan jika itu dikembangkan lebih lanjut, kita bisa memanfaatkan koneksi bagi-pakai tersebut ke perangkat-perangkat lain yang menggunakan perangkat wifi, seperti ponsel ataupun tablet.

Persoalan yang pernah saya alami adalah ketika hendak menghubungkan perangkat android ke wifi laptop. Berkali-kali saya coba menghubungkannya, tetapi perangkat android tetap gagal menemukan wifi  laptop. Akan tetapi jika sebaliknya, justru tidak ada kendala sama sekali jika perangkat android yang dijadikan sebagai  wifi router (tethering). Dan dari sekian kali kegagalan uji koneksi tersebut, akhirnya saya pun istirahat  beberapa saat (baca: hampir menyerah!), tetapi masih tetap penasaran!... hehe

Saya berpikir begini, jika perangkat lain yang mempunyai fasilitas wifi bisa terhubung ke  wifi  laptop seperti tablet atau smartphone, maka saya bisa berhemat. Dan yang lebih penting lagi, saya tidak usah menunggu lama jika men-download atau mengupdate program-programnya, ataupun jika sedang browsing internet via tablet atau smartphone, karena koneksi internet laptop saya jauh lebih stabil daripada koneksi internet perangkat-perangkat tersebut yang menggunakan paket-paket internet tertentu, yang katanya unlimited, tetapi pada kenyataannya, very very limited!

Setelah sekian lama istirahat dari percobaan-percobaan yang hampir membuat putus asa tersebut, akhirnya, tanpa saya duga, saya temukan caranya, walaupun saat itu saya tidak sedang mengkhususkan pencarian di internet untuk masalah tersebut. Dan jawabannya adalah sebuah aplikasi yang bernama WiFi HotSpot Creator!

Dengan program  WiFi HotSpot Creator, teman-teman tidak usah mengeluarkan biaya untuk membeli perangkat  wifi  router jika ingin berbagi-pakai koneksi internet via  wifi . Cukup dengan memasang aplikasi ini, maka perangkat  wifi kita seolah-olah telah memiliki sebuah router. Tetapi syarat utamanya adalah, PC/Laptop harus punya perangkat WiFi!

Ingin tahu caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini!
  • Hubungkan PC/Laptop ke internet.
  • Download Wifihotspotcreatorsetup.exe hingga selesai.
  • Jalankan file WiFiHotSpotCreatorSetup.exe. Ingat, koneksi internet tidak boleh terputus karena instalasi ini adalah instalasi online.
  • Setelah instalasinya sempurna, nyalakan perangkat wifi jika wifi dalam kondisi OFF (disabled). Jalankan programnya, maka di layar akan tampak gambar seperti ini:
  • Tentukan WiFi Name (SSID), Password, Network Card (yang sekarang terhubung ke internet), dan Max. Guest (jumlah maksimal pemakai yang diperbolehkan untuk menggunakannya).
  • Setelah semua persyaratannya terpenuhi, sekarang klik tombol "Start".
  • Jika berhasil, maka di layar akan tampak gambar seperti ini:
  • Sekarang aktifkan wifi perangkat lain seperti ponsel atau tablet, cari hotspot yang telah dibuat, lalu coba hubungkan.
Nama WiFi, Password, dan Max Guests diisi sendiri oleh pengguna. Yang ada pada gambar di atas hanyalah contoh. Sedangkan untuk Network Card, klik combo-box (tombol panah di bagian kanan) lalu pilih perangkat yang terhubung ke internet.
File size: 1.55MB

Hardware Requirements:
  • PC w/ Pentium 4 or above
  • PC w/ 512 MB of RAM or above
  • 20 MB free space
  • Compatible Wireless Card
Software Requirements:
  • Windows 7 or above
  • .NET Framework 4
Penting!!!
1. Teman-teman sebaiknya membaca tutorial singkat ini serta komentar-komentar yang ada di bawahnya hingga selesai, sehingga tidak muncul pertanyaan yang seharusnya tidak perlu lagi dipertanyakan. Contoh, kenapa tidak dapat berjalan pada Windows XP? Karena OS yang mendukung WHC hanya Windows 7 ke atas. Lihat "Software Requirements:".
2. Adanya trouble pada koneksi WHC, itu lebih disebabkan oleh ketidakstabilan OS yang teman-teman miliki. Bisa jadi oleh virus/malware dan sejenisnya, saya pun pernah mengalami trouble tersebut ketika ada malware yang menyusup ke OS saya. Pastikan bahwa OS yang terpasang pada PC/Laptop teman-teman sekarang ini betul-betul steril dari virus/malware dan sejenisnya.
3. Download driver wireless dari situs resminya, dan pastikan bahwa driver wireless sudah terpasang dengan baik dan benar. Untuk memastikan bahwa driver sudah terpasang dengan benar, hubungkan PC/laptop teman-teman dengan hotspot wifi yang sesungguhnya, misalnya wifi di kantor, sekolah, mall, dll. Jika bisa terhubung, berarti driver perangkat wireless sudah terpasang dengan baik dan benar.
4. Level akun user windows harus sebagai "Administrator", bukan "Standard user".

No comments: